ARTIKEL-ARTIKEL TERBARU:

Daftar 10 Nama Negara Anggota Asean Beserta Profilnya

Daftar 10 Negara Anggota Asean - ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau juga Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Perbara) merupakan sebuah perhimpunan atau organisasi antar bangsa kawasan Asia Tenggara dalam bidang geo-politik dan ekonomi. Organisasi ASEAN dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan egara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Dengan 5 negara pendiri organisasi ini yaitu, Indonesia, Malaysia, Fillipina, Singapura, dan Thailand. Sejak dideklarasikan pada tahun 1967, sampai saat ini anggota Asean berjumlah 10 negara yang bergabung. Brunei Darussalam bergabung pada tanggal 7 Januari 1984. Vietnam bergabung pada tanggal 28 Juli 1995. Laos dan Myanmar bergabung pada tanggal yang sama yaitu,  23 Juli 1997. Sedangkan anggota terakhir yang bergabung adalah Kamboja, yang bergabung pada tanggal 30 April 1999.

Berikut ini adalah 10 Negara anggota Asean:

INDONESIA
Profil anggota Asean - Indonesia
Profil negara indonesia
Indonesia adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang termasuk kedalam 5 anggota pendiri ASEAN. Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Ibukota negara Indonesia adalah Jakarta. Indonesia memiliki wilayah lautan dan daratan yang cukup luas di Asia Tenggara. Indonesia memiliki kurang lebih 17.5 ribu pulau-pulau yang tersebar dalam 34 provinsi di Indonesia.


Luas wilayah Indonesia kurang lebih 5.193.250 km² yang meliputi wilayah lautan serta daratan. Luas lautan Indonesia kurang lebih 3.273.810 km² serta luasan daratan Indonesia kurang lebih 1.919.440 km² .Sehingga Indonesia sering dijuluki sebagai negara maritim karena sebagian besar indonesia merupakan wilayah lautan.

FILIPINA
Profil anggota Asean - filipina
Profil negara Filipina
Filipina adalah salah satu negara yang berbentuk Republik di Asia tenggara. Filipina merupakan salah satu negara pelopor berdirinya ASEAN. Filipina terletak di Utara Indonesia dan Malaysia. Seperti Indonesia, Filipina juga merupakan salah satu negera berbentuk kepulauan yang mencapai kurang lebih 7 ribu pulau yang ada di Filipina. Ibukota negara Filipina adalah Manila. Republik filipina merdeka pada tanggal 4 Juli 1946. Bahasa Filipino atau tagalog adalah bahasa nasional Filipina. Luas wilayah negara Filipina adalah 300.000 km2

MALAYSIA
Profil Negara Asean - Malaysia
Profil negara Malaysia
Malaysia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang berbentuk Federasi. Negara Malaysia terdiri dari 13 negara bagian serta 3 wilayah persekutuan. yang meliputi Pahang, Selangor, Negeri Sembilan, Kedah, Johor, Kelantan, Melaka, Perlis, Terengganu, Pulau Pinang, Perak, Sabah dan Sarawak. Ibukota negara malaysia adalah Kuala Lumpur. Negara Malaysia merdeka pada tanggal 31 Agustus 1957. Penduduk malaysia menggunakan bahasa resmi (Bahasa Melayu) dalam kehidupan sehari-hari mereka.

SINGAPURA
Profil Negara Asean - Singapura
Profil negara Singapura
Singapura adalah negara yang berbentuk Republik yang ada di Asia Tenggara. Singapura merupakan salah satu pelopor berdirinya organisasi ASEAN. Singapura merupakan negara koloni perdagangan Inggris pada tahun 1819. Singapura menjadi salah satu Negara Maju di dunia, tak heran jika perekonomian Singapura sangat kuat di dunia. Bahasa resmi yang digunakan Singapura adalah Bahasa Inggris, Melayu, Tamil, dan Mandarin. Pada tanggal 9 Agustus 1965, Singapura mendapatkan kemerdekaannya dari Federasi Malaysia.

THAILAND
Profil negara Asean - Thailand
Profil negara Thailand
Thailand adalah negara di Asia tenggara yang berbentuk kerajaan. Ibukota negara Thailand adalah Bangkok dengan bahasa yang digunakan adalah bahasa Thai. Thailand menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah merasakan penjajahan dari negara-negara Eropa. Thailanda didirikan pada pertengahan abad ke-14.

Itulah ke-5 Negera pendiri organisasi ASEAN. Selain kelima negera itu, sampai saat ini masih ada 5 negara yang juga bergabung kedalam ASEAN atau sudah 10 negara yang bergabung. Berikut 5 Negara yang sudah bergabung di ASEAN.

BACA JUGA: Arti lambang Asean, Semboyan, dan Anggota Asean 2017

  • Brunei Darussalam bergabung pada (7 Januari 1984) 
Brunei Darussalam adalah anggota ASEAN yang pertama kali bergabung sebelum negara-negara lain bergabung. Ibukota negara Brunei Darussalam adalah Bandar Seri Begawan. Mata Uang negara Brunei adalah Dolar Brunei dan bahasa yang digunakan oleh warga negara brunei adalah bahasa Melayu. Brunei merdeka pada tanggal 1 Januari 1984.
  • Vietnam bergabung pada (28 Juli 1995) 
Vietnam menjadi anggota kedua yang masuk ke organisasi ASEAN selain anggota pendiri. Ibukota negara Vietna adalah Hanoi. Mata uang negara Vietnam adalah Dong dan bahasa nasional adalah bahasa Vietnam. Vietnam merdeka pada tanggal 2 September 1945.
  • Laos bergabung pada (23 Juli 1997) 
 Laos adalah salah satu negara di Aseia Tenggara yang tergabung kedalam Asean. Ibukota negara Laos adalah Vientiane. Bahasa yang resmi adalah bahasa Laos dan mata uang negara laos adalah Kip Laos. Hari kemerdekaan Laos adalah tanggal 19 Juli 1949.
  • Myanmar bergabung pada (23 Juli 1997)
Myanmar adalah salah satu negara di Asia tenggara yang bergabung kedalam organisasi ASEAN pada tahun 1997. Ibukota negara Myanmar adalah Rangoon atau Yangon. Bahasa yang digunakan atau bahasa resminya adalah bahasa Myanmar dengan mata uang negara Myanmar adalah Kyat Myanmar. Myanmar merdeka pada tanggal 4 Januari 1948 dari Inggris.
  • Kamboja bergabung pada (30 April 1999)
Kamboja adalah negara terahir di Asia tenggara yang bergabung dengan ASEAN. Ibukota negara Kamboja  adalah Phnom Penh. Mata uang negara Kambodia adalah Riel Kamboja dan bahasa resmi adalah bahasa Khmer. Kamboja atau kambodia merdeka pada tanggal 9 Nopember 1953 dari negara perancis.

NOTE: Eits, selain 10 Negara Anggota ASEAN tersebut diatas, nampaknya Timor Leste akan bergabung pada tahun 2017 ini untuk menjadi anggota ASEAN. Sehingga apabila Timor leste resmi bergabung, maka jumlah anggota ASEAN kan menjadi 11 anggota.

Gagal SNMPTN? Saatnya untuk Move On dan Fokus ke SBMPTN

"Jika satu kesempatan telah gagal, cobalah untuk memaksimalkan peluang dikesempatan lainnya. Dengan berdoa dan berusaha, pasti Tuhan akan memberikan jalan terbaik untuk kita."

Tepat hari ini adalah pengumuman hasil SNMPTN 2017, apakah kalian dinyatakan lolos ataukah tidak. Banyak siswa-siswi Indonesia terutama yang mengikuti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negri jalur SNMPTN merasa dag dig dug der, dengan apa hasil yang akan mereka dapatkan. Pasti ketika mengakses http://pengumuman.snmptn.ac.id/ jantung mereka akan terasa mau copot. Ginama tidak? Mereka akan melihat hasil yang sudah ditunggu dari jauh-jauh hari lamanya.

Mungkin dari mereka yang lolos bisa senyum-senyum manis atau barangkali bisa senyum-senyum manja gitu, aku juga tak tau. Pastinya perasaan lega, bahagia dan plus-plus menghantui mereka yang bisa lolos seleksi. Mungkin setelah selesai membuka hasil seleksi dan dinyatakan lolos di PTN pilihan mereka, mereka akan berteriak sekuat tenaga, joged-joged ria (mumbul-mumbul0, atau melakukan sesuatu tidnakan yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya (bohong!! tentu mereka sudah bayang-banyangin tuh setelah melihat hasilnya, sampai-sampai mereka gak bisa tidur loh!!). Nah lalu bagaimana perasaan orang yang gak lolos SNMPTN? :v


Perasaan gagal lolos snmptn
Gagal lolos snmptn
SNMPTN adalah seleksi nasional masuk perguruan negri dengan proses seleksi menggunakan nilai raport dari semester 1-5. Proses selesi dilaksanakan oleh PTN masing-masing sesuai standar yang sudah ditentukan sebelumnya. Ada faktor-faktor yang mempengaruhi lolos atau tidaknya peserta SNMPTN meliputi Nilai rapor semester 1-5, prestasi akademik peserta, Nilai UN, dan PDSS sekolah bersangkutan. Tentu apabila kriteria kita sesuai standar yang sudah ditentukan, maka otomatis kita akan dinyatakan lolos, dan apabila tidak sesuai maka kita akan dinyatakan tidak lolos.

Nah, bagi yang tidak lolos janganlah berkecil hati, Tenang, ini bukanlah perjuangan akhir dimana masih ada kesempatan lainnya. "Janganlah kamu merasa sudah mati di medan pertempuran pertama karena kau tertembak. Lupakan luka-luka awalmu, terus semangat dan berdoa kepada Tuhan dan bersiaplah untuk mengalahkan musuhmu dengan sekuat tenaga yang kamu keluarkan." Mungkin itu sama dengan kita yang tidak lolos SNMPTN, tetap semangat seperti tentara yang tanpa henti untuk berjuang menghabisi musuh dan memperjuangkan kemerdekaan.

Tenang, tidak hanya kamu yang tidak lolos SNMPTN. Banyak teman-teman diluar sana yang juga gagal lolos snmptn. Dari 800 ribu peserta yang dinyatakan lolos hanyalah 100 ribu peserta saja, so jangan menjadikan masalah kegagalan pertama masuk PTN ini menjadikan penghambat untuk meraih kesempatan lainnya. Tetap semangat kawan!!
gagal snmptn
Nah, perasaan kecewa tentu saja menghantui kalian yang tidak lolos SNMPTN, begitu juga saya. Awalnya saya dag dig dug der, ketika akan membuka hasil pengumuman SNMPTN ini. Setelah membuka dan dinyatakan tidak lolos, saya pun juga merasa kecewa, sedih, dan pasrah, Namun, saya tetap semangat dan optimis untuk memaksimalkan peluang saya di kesempatan lainnya.

LALU, APA YANG HARUS KITA LAKUKAN SEKARANG?

Yang pertama kita harus lakukan adalah melupakan hasil SNMPTN ini, move on nak, move on... karena kalau belum bisa melupakannya maka akan mengganggu kalian dalam mempersiapkan diri di kesempatan lainnya. Maka mulai dari sekarang lupakan hasil kegagalan ini, rasakan seolah-olah anda sudah tidak lolos pemeringkatan. Setelah itu kita harus mempersiapkan diri kita untuk belajar, berdoa, dan berusaha. Nah, setelah kita gagl lolos snmptn, ternyata masih ada kesempatan lainnya. Salah satunya kita bisa ikut jalur SBMPTN, nah ayo kita sama-sama berusaha belajar agar bisa lolos SBMPTN.


Jangan membuang peluang ini dengan percuma, mungkin jalan terbaik bagi kamu adalah jalur SBMPTN. maka dari itu kita harus periapkannya dengan matang-matanag. Supaya kita tidak mengulang kegagalan kita kembali. So, tetap berpikir pisitif dan optimis kalau kamu masih bisa masuk PTN favorit kamu lewat jalus SBM PTN ini. Semangat teman!!

Ingat Rumusnya: Gagal SNMPTN = Fokus SBMPTN.

"Ora et labora, Berusaha dan Berdoa."

Daftar 34 Provinsi di Indonesia beserta nama Ibukotanya Terbaru 2017

Daftar Provinsi Beserta Ibu Kota Indonesia Tahun 2017 Terbaru. Berapa jumlah provisni indonesia pada saat ini? 


Pada tahun 2017 Republik Indonesia memiliki jumlah 34 Provinsi. Untuk mempermudah sobat membaca, mencari, dan memahami 34 Provinsi di Indonesia Tahun 2017 ini, saya akan mengurutkannya mulai dari Pulau Sumatra. Dan berikut Daftar Provinsi beserta Ibu Kota di Indonesia pada tahun 2017.

Daftar 34 Provinsi Beserta Ibu Kota di Indonesia 2017

I. DAFTAR PROVINSI DI PULAU SUMATERA 

  1. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam // Ibukota :Banda Aceh
  2. Sumatra Utara // Ibukota: Medan
  3. Sumatra Selatan // Ibu Kota: Palembang
  4. Sumatra Barat // Ibu Kota: Padang
  5. Bengkulu // Ibu Kota: Bengkulu
  6. Riau // Ibu Kota: Pekanbaru
  7. Kepulauan Riau // Ibu Kota: Tanjung Pinang
  8. Jambi // Ibu Kota: Jambi
  9. Lampung // Ibu Kota: Bandar Lampung
  10. Bangka Belitung // Ibu Kota: Pangkal Pinang

II. DAFTAR PROVINSI DI PULAU KALIMANTAN

  1. Kalimantan Barat // Ibu Kota: Pontianak
  2. Kalimantan Timur // Ibu Kota: Samarinda
  3. Kalimantan Selatan // Ibu Kota: Banjarmasin
  4. Kalimantan Tengah // Ibu Kota: Palangkaraya
  5. Kalimantan Utara // Ibu Kota: Tanjung Selor

III. DAFTAR PROVINSI DI PULAU JAWA

  1. Banten // Ibu Kota: Serang
  2. DKI Jakarta // Ibu Kota: Jakarta
  3. Jawa Barat // Ibu Kota: Bandung
  4. Jawa Tengah // Ibu Kota: Semarang
  5. DI Yogyakarta // Ibu Kota: Yogyakarta
  6. Jawa Timur // Ibu Kota: Surabaya

IV. DAFTAR PROVINSI DI PULAU NUSA TENGGARA & BALI

  1. Bali // Ibu Kota: Denpasar
  2. Nusa Tenggara Timur // Ibu Kota: Kupang
  3. Nusa Tenggara Barat // Ibu Kota: Mataram

V. DAFTAR PROVINSI DI PULAU SULAWESI

  1. Gorontalo // Ibu Kota: Gorontalo
  2. Sulawesi Barat // Ibu Kota: Mamuju
  3. Sulawesi Tengah // Ibu Kota: Palu
  4. Sulawesi Utara // Ibu Kota: Manado
  5. Sulawesi Tenggara // Ibu Kota: Kendari
  6. Sulawesi Selatan // Ibu Kota: Makassar

VI. DAFTAR PROVINSI DI PULAU MALUKU & PAPUA

  1. Maluku Utara // Ibu Kota: Ternate
  2. Maluku // Ibu Kota: Ambon
  3. Papua Barat // Ibu Kota: Manokwari
  4. Papua ( Daerah Khusus ) // Ibu Kota: Jayapura

NOTE: Jumlah Provinsi di Indonesia hingga tahun 2017 ini berjumlah 34 Provinsi.


Search result From Google:
Daftar Provisni terbaru
Nama Provinsi di Indonesia
Daftar nama provinsi
Provinsi di indonesia 2017
Daftar provinsi 2017
Jumlah provinsi Indonesia
Jumlah provinsi beserta ibukota terbaru dan terlengkap
Daftar Provinsi berserta ibukota 2017
Provinsi-provinsi di Indonesia
(#2017)

Suka Itu Timbul dari Rasa atau Selera? Ini Pembahasanya

Masih ingat sama twit-an saya dua hari yang lalu. Saya sempat membahas mengenai Suka. Apa itu suka? Ya elah, kalian kan udah gede, masih aja nanya apa itu suka, malu dong sama anak EsDe πŸ‘Ά (Hee, eheee..). Lalu, saya mendefinisikan suka itu dengan Rasa dan Selera. Nah, menurut ente "suka" itu terjadi ketika ada rasa atau selera? Hah... apa, rasa selera pedas kata mu? Ya kali.. Mati aja sana Brot.. :v


Pernahkah kalian lihat anak EsDe yang udah papah-mamahan -_- padahal kalian masih aja idup nge-Jomblo (Sebenarnya jomblo atau tak laku sih? :v ). Ya kali, baper bawaannya kalau lihat anak EsDe itu berduaan, bergandengan, berpelukan (Telletubies, kali ya?). Nah, itu pasti terjadi pada dirimu, berkacalah sobat! Tenang, jumlah populasi manusia Jomblo di dunia masih banyak kok, kalian masih mempunyai kesempatan untuk menjalin hubungan sesama jomblo-jomblo diseluruh dunia.

Bayangkan saja kalau jomblo diseluruh dunia berkumpul, dan kalian kenalan sama anak Inggris, Amerika, Kanada, Spanyol, dan berbagai negara didunia, mungkin saya yakin kalian pasti akan terlebih dahulu berkenalan dengan orang Zimbabwe (Sebuah negara di Afrika bagian selatan), ya kan? :v Ya kali. Kok jadi ngomonin jomblo sih Brot.. itu aib lah! Ga usah dibicarakan lagi yak. Saatnya kita kembali ke Topik Hidayat (ehh. itu pembulu tangkis pak) pembahasan kali ini, SUKA ITU TIMBUL DARI RASA ATAU SELERA? INI PEMBAHASANNYA...

O iya, mungkin kalaian pembaca baru yang belum kenal sama penulis diblog ini ya? Kalau belum jangan lupa Follow Akun Instagram saya ya (Promosi sebentar ya brott..) Follow @BAGASAJI_H atau kalau kalian punya twitter jangan lupa follow akun saya sekalian ya (Link ada di IG). Thanks, yuk lanjut ke pembahasan.

SUKA ITU TIMBUL DARI RASA ATAU SELERA?

Suka sama cinta itu beda gak sih? Ini sering ketika kalian ngomong suka sama seseorang pasti dianggapnya itu cinta. Tapi suka bisa saja dilihat dari luarnya, sebagai contoh: "Saya suka loh sama kamu, cara kamu berpakaian, cara kamu jalan, dll." Nah, apa ini yang disebut cinta pak? Bukan brot.. itu hanya sebatas suka atau kagum, jadi jangan ke-pede-an ketika ada temen lu, sahabat lu, tetangga lu, kalau yang ngomong suka, bisa saja dia hanya suka penampilan lu, dan bukan sama lu orang! oke..? Lanjutt brottt..

Kalau cinta gimana brottt.? Cinta, itu timbul dari dalam lubuk hadi yang paling dalam, sedalam cintaku padamu.. (Taek.. Gombal!!). Nah cinta itu gombal brott... kenapa kok gombal? Sebagai contoh, "Aku cinta mati kepadamu, ribuan pulau akan ku tempuh hanya untuk memperjuangkan cintamu." GOMBAL, FAK! Hati-hati sama orang yang "katanya" cinta sama kamu hanya lewat ucapan seorang. Preettt.. dia mau lewati ribuan pulau. tanya sama dia, "Sudah beli tiket belum mas/mbak untuk melewati ribuan pulau itu?" Tanyakanlah.. 

Tapi tidak semua cinta itu gombal brott... Cinta bisa timbul karena Suka saling suka. Sebagai contoh, dia suka penampilan lu dan bukan lo, dia pasti akan memperhatikan lo setiap kali bertemu dengan lo, mulai dari cara makan, minum, boker, dll. :v Nah, itu akan membuat dia akan suka sama lo, bisa dikatakan dia Cinta sama kamu, perasaan itu muncul ketika dia terus memandangimu, terus memperhatikanmu, terus mengikutimu, teruss.. terusss.. (udah woy capek) yak, dia merasa kalau kamu itu adalah sesuatu yang unik, berharga dan beda dari yang lain, sehingga perasan itu muncul dari hati yang paling dalam. Jadi, kalau kamu punya fans seperti ilustrasi ini, sebaiknya kamu terus mengeluarkan pesonamu, jangan gonta-ganti penampilan mu pasti dia jodohmu brott. tapi tunggu, ingat dengan poin GOMBAL ya! wkwkwkwkwk.. udahan dulu bahas cintanya, sekarang kita bahas SUKA itu timbul dari rasa atau selera?

Oke, sekarang kita ga usah panjang lebar lagi ya om.. Langsung ke pembahasan kita hari ini.

Sempat di TWIT, saya bilang kalau Suka itu timbul dari Selera bukan Rasa. Mengapa? Kok bisa? (Tanya aja sama mbok ijah.) Kita bahas lewat ilustrasi saja ya. O iya, sebenarnya sama mau buat infografis berupa komik, tapi berhubung waktu, itu mungkin saya pending setelah selesai UN. :'V SORI YA BROT..

Suka itu Timbul Dari Selera. Ingat Ya.. Bukan Rasa.. :v
Sebagai ilustrasinya ya, simak cerita atau ilustrasi yang saya buat:

"Aku suka sama kamu" $
"Ah Gombal.. kamu" #
"Beneran, aku suka sama kamu. Yakin deh.." $
"Apa buktinya kalau kamu suka aku?" #

Dia mulai bingung mencari bukti bahwa dia sangat menyukainya. Lalu dia berikan sebuah bukti, kalau dia pernah gambar wajah orang yang disukainya dengan bertuliskan, "Aku Suka Kamu" Melihat bukti tersebut dia langsung percaya begitu saja.

"Oh.. So Sweet, aku baru percaya kalau kamu suka sama aku." #
"Nah, udah yakin kan, kalau aku suka sama kamu" $
"Ya, kok bisa kamu suka sama aku?" #
"Ya bisa lah, karena kita memiliki SELERA yang sama yaitu sama-sama demen kalau makan Indomie. Ya kan?" $
"Loh kok kamu tau selera saya. Iya nih, saya demen sekali makan Indomie RASA Soto. Kalau kamu demen yang mana?" #
"Kalau aku sih suka sama RASA Bawang. Soalnya enak buangett sih.." $
"Loh kok beda, dengan ku. Aku kan suka RASA Soto, kok kamu suka RASA Bawang. Katanya kamu suka sama aku karena kita memiliki kesamaan.. Serius Dong!!" #
"Iya kok aku serius.. bahkan..." $
"Bohong deh, kamu bohong... (emmmm,,, emmmm *Nangis)" #
"Loh kok nangis, padahal aku mau ajak kamu beli Indomie" $
"Enggak mau, kamu bohong" #
"Gak Bohong, sini aku jelasin. Aku SUKA sama kamu itu karena SELERA kita sama, walaupun rasa indomei kita berbeda. Karena, Suka itu timbul dari Selera, bukan rasa indomie kita. Paham??" $
"Ohh.. Gitu ya. Berarti kamu bener suka sama aku?" #
"Iya beneran, jangan nangis lagi dong. Yuk kita pergi ke warung beli Indomie.." $

Oh.. So Sweet... (ehh,,) Benarkan guys, lewat ilustrasi yang saya buat diatas kalau SUKA ITU TIMBUL KARENA SELERA BUKAN RASA. Sebagai tambahan nih brot.. Kalau kamu suka sama seseorang, pertimbangkan dulu. Karena rasa suka itu tidak akan bertahan lama, ketika selera kamu sudah berbeda. Nah, mungkin itu akan terjadi ketika kamu mengenal lebih luas tentang pertemanan kamu. tentu itu tidak akan bertahan lama (Tidak semua ya gengs..) Pasti kamu akan memiliki selera yang berbeda. Jadi kalau mau cari pasangan carilah orang yang Sama SELERA-nya bukan rasanya.. Thanks gengs sudah baca tulisan saya ini... See You Next time..

EHHH.. Sadar gak sih kalau kalian saya pangil dengan sebutan, Brott. Gengs, Guys, Ente, Kamu, Kalian, Lu, Lo,dll. Kalau sadar berarti kamu sudah baca tulisan saya sepenuhnya. Oh, iya kalau mau request tulisan ke saya DM saja ke IG saya ya, Thanks.. Gud Lak! πŸ‘‡✊✋πŸ‘ˆ.

INGAT:
"Suka Timbul Karena Selera Bukan Karena Rasa. Jadi kalau ketemu sama orang yang bilang suka sama kamu, lewat rasa itu jangan di terima ya guys. GOMBAL!! :V"

START NULIS BROT..

START NULIS BROT... 😱

Jemari ini mulai menggeliat ketika pikiran menghantui bahwa saya harus update blog jelek ini. Sudah Sebulan lamanya jari-jari ini berhenti menulis (sempat juga sih nge-darft tulisan lomba), dan sekarang adalah waktu yang tepat untuk memberikan kesempatan jari-jari ini mengetik dengan bebas tanpa jejak :v  ALAY BANGET Sih Brott..! Oke, kita mulai nulisnya yuk..
Start nulis brot


SEMINGGU YANG LALU
Seminggu lamanya liburan telah berlalu, hari-hari terasa hampa tanpa rasa (bahasanya orang puitus brott.. jangan NGGUYU ya ;v ) tanpa memegang laptop dan gadget. Mengawali liburan dengan Nyinom (apa sih nyinom? nanti saya bahas dah..) lalu hari berikutnya menyiapkan diri untuk bergereja. Anehnya, walaupun waktu masih tersisa untuk beraktivitas di malam hari, rasa malas untuk menulis pun menghantui saya, sehingga memanfaatkan INET hanya untuk main game sama sosmed dan YT an. Sehingga data yang keluar tak sebanding dengan data yang masuk. πŸ˜‘

Disaat anak-anak lainnya dengan asik dan santai mengawali liburan seru mereka, dengan berwisata bersama keluarga tercinta mengarungi dua samudra (mulai puitis lagi nih pikiran) dengan rasa senang yang mereka rasakan, sedangkan saya mengawali liburan dengan beban pikiran yang begitu besar ku rasakan (anjirr nih bahasa..) 😦 Bentar lagi saya UN dan Seleksi PTN, sudah siapkah diriku sekarang? mungkin ini yang menjadi beban pikiran saya saat ini.Namun disisi lain saya bersemangat untuk mengejar cita-cita saya setinggi angkasa :v

Setelah melihat hasil semester ke-5 membuat saya terheran-heran, mengapa tidak didalam kondisi saya dikelas yang terlihat rame dan sering mendapat teguran saat nilai ulangan sangat jelak, tapi hasilnya kok Bagus. Mungkin ini adalah salah satu keajaiban Tuhan yang diberikan kepada umatnya yang sudah taat bribadah,πŸ˜‡ Amin. Dan, yang membuat saya terheran-heran adalah nilai FISIKA saya yang hampir perfek Brott.. bagaiaman tidak nilainya kurang dua poin aja udah maksimal (Bukannya sombong loh ya) dan Bahasa jerman pun tak mau kalah juga loh.. Nah, itu yang membuat saya bersyukur kepada Tuhan YME dan membuat saya semangat untuk kedepanya, daoakan saya ya Brott.. πŸ™

O iya, hampir Lupa Brott.. nonton filmnya Om Radit yang baru bikin kamu ngakak loh Brott, jangan sampai lupa nonton ya.. :v

SEMINGGU KEDEPAN
Masih menjadi misteri (pikiran kosong) mau kemana dan ngapain satu minggu kedepan untuk mengisi liburan. Nah, dijadwal saya (yang saya buat 6 bulan yang lalu) Sebenarnya dua minggu liburan ini mau saya habiskan untuk dirumah, happy time to blogging and reading. Mungkin satu minggu kedepan saya akan mulai belajar lebih giat untuk mempersiapkan ujian nasional yang segera saya hadapi brott.. Dan mengisi sela-sela waktu belajar saya untuk Happy Blogging seperti sekarang ini Brott.. Kalau mau nulis bareng sama saya, cus langsung saja ke rumah saya.. :c

Mungkin itu adalah jadwal saya untuk menghabiskan satu minggu liburan tersisa (tersiksa) ini brott.. Oke sudahan sampai disini ya brott, lanjutin besok lagi ya. Sebenarnya masih ada yang masih saya tulis (ketik) lagi nih brott, tapi berhubung sudah sore waktunya mandi nih jadi lanjut besok lagi ya..


Bentar.... bentar.... berhubung saat ini cuaca diluar masih hujan dan air kamar mandi saya sangat dingin, saya lanjutin lagi aja, oke deh.. :v

Nyinom
O, iya hampir lupa.... Tadi kan diatas saya mau cerita soal Nyinom itu ya? Oke, apa sih nyinom? Untuk apa sih nyinom?
Nyinom sendiri identik dengan Iseh Enom (bahasa jawa brott) yang artinya Masih Muda.. Nah, nyinom di Klaten adalah sekumpulan muda-mudi desa yang meluangkan waktu dan tenaganya untuk membantu mengahantarkan makanan pesta di acara pernikahan, jagong, dan lain-lain yang berhubungan dengan makanan (nah loh, yang suka makan jangan baperan ya..) Nah, tugas sinoman adalah menghantarkan makanan kepada para tamu untuk dimakan (ya iyalah, masa cuma suruh liat) Nah, disini para pemuda-pemudi desa diberi tugas untuk menjadi sinoman, kenapa sih gak sewa aja? Ini masih suasana desa brott.. yang masih berhubungan dan identik dengan gotong royongnya, jadi jangan heran ya kalau pemuda-pemudi di desa mau nyinom (tapi juga masih banyak yang kabur, ketika nyinom loh..)

Sudah tau tentang nyinom kan? Sekarang................ eemmmmmmm......... mau nulis apa lagi coba? Ada ide? haaa? haaaa?

O, iya Kita bahas nilai saya aja yuk!
Sudah saya berikan sedikit gambaran diatas tentang nilai saya di semester 5 ini. Nah, semeseter lima ini menjadi semester terakhir untuk menentukan kita diterima atau tidaknya di PTN lewat jalur SNMPTN loh.. Jadi, nilai kita harus naik paling tidak sejajar dengan baik untuk bisa memiliki peluang yang bagus di SNMPTN. Saya sadar, nilai saya tidak ada apa-apanya jika harus bersaing dengan jutaan pelajar hebat di kota-kota. Sedangkan saya hanya anak desa yang sekolah di SMA BAYAT (tapi jangan salah loh ya, disini juga bagus kok). Saya tetap optimis untuk bisa menjadi salah satu Lucky man dalam perebutan kursi PTN lewat jalur SNMPTN ini, doain aja ya Brot..

O, iya jika dibandingkan 4 semester sebelumnya, mungkin di semester ini nilai saya lebih baik deh.. gimana tidak, rata-ratanya sangat bagus loh.. 80++ :v (pakai plus-plus segala) Yak, tak habis pikir saya ini. Lewat doa dan dukungan orang tua, saya diberikan keajaiban Tuhan untuk mendapatkan nilai yang bagus ini. Namun, ini untuk membuat saya lebih semangat lagi untuk menghadapi semester 6 dan UN dan Seleksi PTN, dan ujian hidup :v agar tetap tabah dan sabar untuk mengatasinya.

O, iya karena sekarang sudah jam 18.00 WIB maka saya putuskan untuk mengakhiri cerita hari ini yu brott.. kita sambung besok lagi ya... terima kasih loh...

*MOHON DOANYA UNTUK UN DAN SELEKSI PTN SAYA YA BROTTT..
SEMOGA SAYA MENDAPATKAN NILAI UN YANG TERBAIK DAN DITERIMA DI PTN FAVORIT, Amin... πŸ™πŸ˜‡

Colidan Sahabat Lambung, Obat Penyakit Maag Paling Ampuh

Colidan Sahabat Lambung, Obat Maag Paling Ampuh
Colidan Sahabat Lambung, Obat Penyakit Maag Paling Ampuh - Kesehatan adalah hal terpenting dalam kehidupan. Semua orang tentu saja pernah mengalami sakit, entah sakit apapun itu, kerana sekarang jenis penyakit hari demi hari semakin banyak. Tentu saja ketika badan kita sedang sakit, tubuh sangat sulit untuk diajak aktivitas sehari-hari. Ini sangat mengganggu kita. Maka hal yang bisa kita lakukan adalah mengindari penyakit. Pepatah mengatakan "Mencegah lebih mudah daripada mengobati". Dengan pola hidup yang sehat tentu saja badan kita akan fit, kita bisa mengerjakan pekerjaan kita dengan baik dan maksimal. Orang sakit, bisa disebabkan oleh apa saja, bisa karena faktor keturunan, kecelakaan, ataupun pola hidup yang tidak sehat. Maka perlunya, kita untuk menjaga kesehatan kita.

Pernahkah kamu mengalami sakit maag? apa yang kamu rasakan? Tentu saja, itu menyakitkan dan menggangu pekerjaan anda bukan? Jika ya, apa yang kamu lakukan agar kamu bisa terbebas dari penyakit maag itu? Mungkin anda sudah melakukan berbagai cara agar bisa terbebas dari penyakit maag ini. Oke, disini saya akan membahas cara mengobati penyakit maag. Sebelumnya, kita berkenalan dulu dengan penyakit maag itu. (karena ada pepatah mengatakan "Tak kenal Maka Tak Sayang" hehehehehe)

Colidan Sahabat Lambung, Obat Maag Paling Ampuh
Mari kita berkenalan dengan penyakit maag, penyakit apa itu? Tahukah kamu penyakit maag atau asam lambung adalah penyakit yang menyerang lambung yang terjadi ketika ada luka atau peradangan lambung yang menyebabkan sakit pada perut, mulas dan perih pada perut anda. Apakah itu berbahaya? Bagaiaman solusinya, agar bisa terhindar dari penyakit ini dan cara pengobatannya?

Banyak sekali hal yang dapat terlihat dan dirasakan oleh penderita maag diantaranya adalah timbulnya rasa nyeri pada perut sekitar ulu hati, penderita maag juga akan merasakan sensasi rasa panas seperti terbakar di bagian perut, ada pula yang merasakannya di sekitar pusar, depan atau belakang perut. Tentu saja itu sangat menyakitkan jika sudah parah. Penyakit ini berbahaya jika tidak ditangani secara cepat dan tepat. Maka dari itu bagi anda penderita penyakit ini sebaiknya segera untuk mengobatinya.

Penderita maag harus mewaspadai kondisi maag kronis. Maag kronis adalah kondisi dimana penyakit maag sudah parah dan harus segera ditangani secara medis. Maag kronis muncul ketika penderita maag tidak menangani maag secara cepat. Selain itu, dengan gaya hidup yang tidak sehat, itu juga bisa memicu penyakit maag kronis walaupun sejak awal belum mengalami penyakit maag.

Penyebab Penyakit maag sendiri banyak sekali, diantaranya meminum obat tertentu dalam jangka waktu panjang bisa mengakibatkan efek bagi lambung, makan makanan yang bersifat asam atau pedas juga bisa menaikkan asam lambung sehingga anda bisa terkena penyakit maag. Nah, lalu bagaimana cara mencegahnya?

Colidan sahabat lambung, obat maag paling ampuh
Bagaimana cara mencegah penyakit maag? itu mungkin adalah pikiran anda saat ini. Oke, cara mencegak penyakit maag bisa kita mulai dari menjaga kebersihan kita, selain itu pola makanan yang sehat adalah faktor terpenting agar kita terhindar dari penyakit maag ini. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan bahan alami untuk mencegah dan mengobati maag atau juga bisa menggunakan obat asam lambung. Berikut ini adalah cara pencegahannya:

Kita bisa mencegah penyakit maag dengan menjaga pola makan yang baik dan sehat, olahraga yang teratur, beri waktu kepada tubuh kita untuk beristirahat. Serta hindari makanan yang bersigfat alkali seperti, Jeruk, almond, Tomat, Alpukat, dll. Karena makanan yang bersifat alkali dapat membuat produksi asam, sehingga dapat memicu maag kronis. Selain itu anda juga harus menghindari minuman yang bersoda dan susu. Akan tetapi anda juga bisa mengkonsumsi makanan dan minuman itu, namun dalam jumlah yang sedikit.
Colidan Sahabat Lambung, Obat Maag Paling Ampuh
Sudah menjadi konsekuensi untuk kita bagi penderita suatau penyakit, kita harus menjaga jarak terhadap makanan atau minuman yang kita anggap enak dan lezat, namun itu dapat memperparah penyakit kita. Sebaiknya mulai dari sekarang untuk mencoba melupakan makanan dan minuman yang tidak sehat, paling tidak untuk mengurangnya.

lalu adakah solussi yang lain untuk mencegah dan mengatasi penyakit asam lambung? Yup, memperkenalkan Colidan, obat terbaik untuk mengatasi anyang-anyangan. Dengan mengkonsumsi Colidan secara teratur dan berdoa kepada Tuhan YME untuk memberi kesehatan dan perlindungan, maka anda akan terbebas dari penyakit maag. Colidan Sahabat lambung, Obat Maag Paling Ampuh.

Colidan Sahabat Lambung, Obat Maag Paling Ampuh
Mungkin anda sudah mengenal tentang Coldan, namun saya akan memperkenalkan Produk Colidan obat maag paling ampuh ini kembali kepada anda. Hal pertama yang ingin saya tegaskan adalah Colidan obat penyakit maag paling ampuh untuk mengobati penyakit maag. Colidan adalah suplemen yang mampu memelihara lambung agar dapat terhindar dari penyakit asam lambung, selain itu Colidan juga bisa anda gunakan untuk mengobati penyakit maag dengan obat sakit lambung, Colidan.

Colidan bekerja didalam lambung dengan cara membentuk selaput yang dapat melindungi dinding lambung anda, sehingga anda dapat terhindar dari iritasi yang diakibatkan oleh enzyme dan asam lambung karena mengkonsumsi makan atau minuman yang bersifat alkasli dan bersoda, serta bisa membasmi infeksi bakteri pada lambung.
Colidan Sahabat Lambung, Obat Maag Paling Ampuh
Colidan obat penyakit maag terbuat dari bahan alami yaitu ekstrak ganggang laut uang dapat memelihara kesehatan lambung. Colidan terbuat dari bahan herbal, Ekstrak ganggang laut cokelat yang berasal dari lautan lepas jepang, yang dikenal dengan nama Mozuku atau Cladosiphon Okamoranus Tokida. Ekstrak ganggang laut itu melapisi didnding lambung kita, sehingga kita merasa nyaman kerena asam lambung sudah tidak mempengaruhi dinding lambung kita. Fungsi lain dari ekstrak ganggang laut adalah untuk merangsang enzim yang berfungsi untuk mempercepat menyembuhkan luka.

Colidan obat asam lambung ini tidak hanya diperuntukkan bagi penderita penyakit asam lambung atau penyakit maag saja, melainkan bagi anda calon penderita bisa mengonsumsinya agar bisa terhidndar dari penyakit ini, mengapa tidak dari sekarang? Jika dikonsumsi secara teratur maka akan membantu proses penyembuhan penyakit dan membantu kesehatan lambung secara optimal. Lalu apa keunggulan Colidan dibandungkan produk-produk lain dipasaran? Mari kita bandingkan. 

Colidan Sahabat Lambung, Obat Maag Paling Ampuh
#1 Terbuat Dari Alami
Nah, Colidan diproduksi dengan menggunakan bahan alami sebagai bahan utama untuk membuat suplemen Colidan obat penyakit maag. Diantaranya bahan pembuatannya adalah Ganggang laut yang berasal dari jepang. Sehingga, jika mengkonsumsi Colidan sahabat lambung ini, tidak ada efek samping karena sudah teruji oleh BPOM RI. Jadi, jangan khawatir akan efek samping dari Colidan. Serta Colidan sangat aman dikonsumsi oleh siapapun.

#2 Dapat Dikonsumsi Kapanpun dan Dimanapun
Nah ini adalah keunggulan dari prouduk Colidan, anda bisa mengkonsumsi colidan ini kapanpun, kapanpun disini maksud saya sebelum dan sesudah makan. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi suplemen ini dimanapun. Dengan kemasan yang praktis sehingga memudahkan anda untuk membawanya dan mengkonsumsinya. Oleh karena itu, Anda tidak perlu panik ketika mengkonsumsi makanan-dan minuman yang menyebabkan gejala maag ketika pergi ke pesta atau ke tempat lainnya, dengan membawa colidan obat asam lambung di kantung anda, maka anda bisa terhindar dari maag atau penyakit asam lambung. :)

#3 Cara Kerja Yang kompleks
Mungkin bisa dikatakan, bahwa colidan bekerja secara kompleks di dalam tubuh. Seluruh ekstarak ganggang laut yang dikandung dalam colidan akan melapisi dinding lambung kita. Sehingga kita akan merasa nyaman dan tidak akan memperngaruhi kinerja lambung. Selain itu Colidan juga bisa membasmi bakteri HELICOBACTER PHYLORI yang bisa mengiritasi dinding lambung kita yang akan terbuang bersama feses kita.

#4 Harganya Yang Ekonomis
Sesuai dengan berbagai manfaat dan keunggulan yang dimiliki Colidan obat asam lambung, tidak membuat harga produk ini mahal, karena masih bisa dijangkau oleh siapapun atau harganya yang ekonomis. COLIDAN FUCOIDAN 100MG KAPSULhanya dihargai dengan harga Rp. 60.000,00 di http://apotikcentury.id/

Colidan Sahabat Lambung, Obat Maag Paling Ampuh
Untuk membuktikan khasiatnya anda bisa mengkonsumsi colidan, setaklah anda mangkonsumsi bandingkan dengan sebelumnya. Maka anda akan merasakan khasiatnya dengan baik dan nyata. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Colidan tentu itu bisa mengusir penyakit maag atau penyakit asam lambung dari kehidaupan anda dengan obat penyakit maag ini. Nah, sekarang setelah kau tahu tentang Colidan, kamu bisa bebas makan dan minuman yang enak-enak nih. tapi harus diimbangi dengan makanan yang sehat dan minum air mineral juga yah..

Dengan mengkonsumsinya secara teratur maka kita tidak perlu khawatir, jika ingin mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersifat alkali atau bersoda. tapi ingat, batasi konsumsi makanan dan minuman ini agar anda bisa benar-benar terhindar dari penyakit ini.Jangan tunda untuk mengkonsumsi Clidan obat ampuh atasi maag ini ya. Semoga bermanfaat artikel saya ini. Good Luck Bro&Sist!

ANDA BISA MENDAPATKAN COLIDAN DENGAN HARGA MURAH DI APOTIKCENTURY.ID

Daftar Lengkap Nama Candi Di Indonesia

Daftar Lengkap Nama Candi Di Indonesia Terbaru - Indonesia kaya akan budaya yang sangat beragam dari setiap provinsi memiliki keanekaragaman budaya, peninggalan sejarah, ataupun kesenian. Di Indonesia banyak sekali peningalan sejarah berupa candi, diantaranya candi Budha dan candhi Hindu. Dengan banyaknya peninggalan sejarah di Indonesia, kita sebagai warga negara indonesia sebaiknya ikut ambil baigian dalam melestarikan dan mengenalkannya kepada dunia.
Daftar Lengkap Nama Candi Di Indonesia
Daftar Lengkap Nama Candi Di Indonesia
Candi adalah istilah dalam Bahasa Indonesia yang merujuk kepada sebuah bangunan keagamaan tempat ibadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu-Buddha. Bangunan ini digunakan sebagai tempat pemujaan dewa-dewi ataupun memuliakan Buddha.

Beberapa candi seperti Candi Borobudur dan Prambanan dibangun amat megah, detil, kaya akan hiasan yang mewah, bercitarasa estetika yang luhur, dengan menggunakan teknologi arsitektur yang maju pada zamannya. Bangunan-bangunan ini hingga kini menjadi bukti betapa tingginya kebudayaan dan peradaban nenek moyang bangsa Indonesia.

Berikut adalah Daftar Candi-Candi Di Indonesia:

DAFTAR CANDI DI PULAU JAWA
#1 Daftar Candi di Provinsi Banten
Candi di Kabupaten Pandeglang: 
Situs Gunung pulosari, Desa Cipanas

Candi di Kota Serang:
Situs Banten Girang, Desa Sempu

#2 Daftar Candi di Provinsi Jawa Barat
Candi di Kabupaten Garut:
Candi Cangkuan

Daftar Candi di Kabupaten Karawang:
Kompleks Situs Batujaya
  • Candi Jiwa
  • Candi Blandongan
Kompleks Situs Cibuaya

Candi di Kota Tasikmalaya:
Situs Lingga Yoni

Candi di Kabupaten Bandung:
Candi Bojongmenje
Candi Bojongemas

Daftar Situs Candi di Kabupaten Ciamis:
Situs Batu Kalde atau Candi Pananjun
Situs Karangkamulyan
Situs Mangunjaya

Candi di Kota Banjar:
Situs Rajegwesi

#3 Daftar Candi di Provinsi Jawa Tengah

Daftar candi di Kabupaten Magelang:
Candi Borobudur
Candi Mendut
Candi Pawon
Candi Ngawen
Candi Asu (Sengi)
Candi Lumbung (Sengi)
Candi Pendem
Candi Canggal atau Candi Gunung Wukir
Candi Selogriyo
Candi Losari
Candi Gunungsari
Candi Umbu

Daftar Candi di Kabupaten Klaten:
Candi Bubrah, Prambanan
Candi Prambanan, Prambanan, Klaten
Candi Plaosan (Lor), Prambanan, Klaten
Candi Plaosan Kidul, Prambanan, Klaten
Candi Sewu
Candi Lumbung
Candi Sojiwan
Candi Karangnongko
Candi Merak
Situs Kunden

Daftar Candi di Kabupaten Karanganyar
Candi Sukuh, Sukuh
Candi Cetho
Candi Kethek
Situs Planggatan
Situs Menggung
Arca Nandi Colomadu

Candi di Kabupaten Semarang
Candi Dukuh
Kompleks Candi Gedong Songo
Candi Klero
Candi Ngempon

Daftar Candi di Kabupaten Banjarnegara
Kompleks Candi Dieng
Candi Puntadewa
Candi Semar
Candi Srikandi
Candi Sembadra
Candi Gatotkaca
Candi Setyaki
Candi Bima
Candi Dwarawati

Candi di Kabupaten Wonosobo
Candi Bogang

Candi di Kabupaten Temanggung
Candi Pringapus
Candi Gondosuli

Daftar Candi di Kabupaten Tegal
Candi Bulus
Candi Kesuben

Daftar Candi di Kabupaten Boyolali
Candi Sari Cepogo
Candi Lawang
Situs Sumur Pitu
Situs Sumur Songo
Petirtaan Selodoko

Candi di Kabupaten Pati
Candi Miyono atau Situs Kayen

Candi di Kabupaten Blora
Candi Sentono

#4 Daftar Candi di Daerah Istimewa Yogyakarta
Daftar candi di kabupaten Sleman 
Candi Prambanan
Situs Arca Gupolo
Situs Goa Sentono
Candi Kalasan atau Candi Tara
Candi Banyunibo
Candi Ratu Boko atau Keraton Ratu Boko
Candi Sambi Sari
Candi Sari
Candi Ijo
Candi Barong
Candi Kedulan
Candi Gebang
Candi Keblak
Candi Miri
Candi Dawangsari
Candi Kimpulan
Candi Palgading
Arca Bugisan atau Arca Proliman
Candi Watu Gudhig

Daftar candi di Kabupaten Bantul
Kompleks Situs Mantup
Candi Gampingan
Situs Mangir

Candi di Kabupaten Kulon Progo
Candi Pringtali

Candi di Kabupaten Gunung Kidul
Candi Risan

#5 Daftar Candi di Provinsi Jawa Timur
Daftar Candi di Kabupaten Malang
Candi Jago
Candi Kidal
Candi Singosari
Stupa Sumberawan
Candi Selakelir
Kompleks Percandian Gunung Arjuna
  • Grup Sepilo : Bhatara Guru, Candi Madrin, Patuk Lesung , Candi Kembang, Candi Lepek, Rhatawu, Hyang Semar, Watu Ireng, Rancang Kencana, Candi Wesi, Makutarama, Sepilo 
  • Grup Indrokilo: Satria Manggung, Indrikilo,  Candi Laras, Gua Gambir, 
Candi Jawar Ombo
Candi Bocok
Petirtaan Watugede
Candi Ngabab
Candi Gunung Telih

Daftar Candi di Kota Malang
Candi Badut
Candi KarangBesuki

Daftar Candi di Kota Batu
Candi Songgoriti atau Candi Supo
Punden Mojorejo atau Situs Kajang

Daftar Candi di Kabupaten Kediri 
Candi Surawana
Candi Tegowangi
Arca Totok Kerot
Situs Calon Arang Kediri
Candi Tondowongso
Candi Dorok
Arca Ringin Budha
Situs Semen
Candi Semen
Candi Kepung

Daftar Candi di Kota Kediri
Kompleks Pertapaan Goa Selomangleng
Candi Setono Gedong
Candi Pandean (Arca Durga)
Candi Siti Inggil
Candi Joko Dolog
Candi Botolengket
Candi Burengan
Candi Tinalan dan Arca Ganesha
Situs Pakelan
Situs Dadapan
Situs Mbah Lumpang
Situs Sumur Bandung
Situs Ganesha Gayam

Daftar Candi di Kabupaten Nganjuk
Candi Lor
Yoni Brebek
Situs Pace Kulon

Candi di Kabupaten Jombang
Candi Rimbi

Daftar candi di Kabupaten Pasuruan 
Candi Jawi
Candi Kebo Ireng
Candi Gunung Gangsir
Kompleks Percandian Gunung Welirang: Reco Lanang, Reco Wadon, Watu Meja. Watu Kaca
Kompleks Percandian Gunung Ringgit

Daftar candi di Kabupaten Mojokerto
Candi Bangkal
Kompleks Situs Trowulan
Candi Tikus
Candi Klinterejo
Candi Menak Jingga
Candi Brahu
Candi Gentong
Gapura Wringin Lawang (tipe candi bentar)
Gapura Bajang Ratu (tipe paduraksa),
Candi Kedaton
Kompleks Percandian Gunung Penanggungan
Petirtaan Jalatunda
Candi Kama I
Candi Kama II
Candi Gajah Mungkur
Candi Wayang
Candi Kendalisada
Candi Pasetran
Gapura Jedong (gapura tipe candi bentar)
Petirtaan Watu Tetek
Petirtaan Belahan
Candi Lemari
Candi Bayi
Candi Putri
Candi Pura
Candi Gentong
Candi Shinta
Candi Lurah
Candi Carik
Candi Yudha
Candi Wisnu
Candi Kepurbakalaan XII
Candi kepurbakalaan XIII
Candi Buyung
Candi Kursi
Candi Kendalisodo
Candi Selakir dan Tekingblandong
Candi Naga I
Candi Pendawa
Candi Merak
Candi Naga II
Goa Botol
Candi Griya
Candi Dharmawangsa
Candi Kerajaan
Candi Pelakan Jawa I
Candi Pelakan Jawa II
Candi Baru
Candi Batu Jolang
Batu Tulis
Goa Widodaren
Candi Batu Terbang

Candi di Kota Surabaya 
 Arca Joko Dolog

Daftar candi di Kabupaten Blitar
Kompleks Candi Bacem
Arca Ganesha Boro
Candi Kalicilik
Candi Kotes
Candi Wringin Branjang
Candi Sawentar
Candi Sumbernanas
Candi Sumberjati atau Candi Simping
Kompleks Percandian Penataran
Bale Agung
Candi Angka Tahun
Candi Naga
Candi Induk Penataran
Kolam Candi Penataran
Candi Pemandian Penataran
Candi Gambar Wetan (Candi Sewu, Nglegok)
Candi Plumbangan
Candi Tepas
Candi Selo Tumpuk
Candi Sumber Agung
Candi Sirah Kencong
Candi Tapan
Candi Mleri
Candi Rambut Monte
Situs Bale Kambang

Candi di Kabupaten Probolinggo 
Candi Kedaton
Candi Jabung

Daftar Candi di Kabupaten Tulungagung 
Candi Gayatri atau Candi Boyolangu
Candi Dadi
Candi Meja
Candi Cungkup atau Candi Sanggrahan
Candi Selomangleng atau Goa Pertapaan Selomangleng
Candi Penampihan atau Candi Asmoro Bangun
Candi Mirigambar
Candi Ngampel
Candi Ngampel
Goa Trtitis
Goa Pasir

Candi di Kabupaten Trenggalek 
Candi Brongkah atau Candi Jenggolo Manik

Candi di Kabupaten Magetan
Candi Sadon atau Candi Reog
Candi Dewi Sri

Candi di Kabupaten Sidoarjo 
Candi Pari
Candi Sumur
Candi Medalem
Candi Wangkal
Candi Pamotan I dan II
Candi Dermo
Candi Tawangalun
Candi Gedhong Putri atau Candi Puro
Candi Gelisah atau Candi Agung

Candi di Kabupaten Pamekasan 
Situs Candi Burung

Candi di Kabupaten Jember 
Candi Deres

Candi di Kabupaten Ponorogo 
Situs Altar Raja Dharmawangsa

Candi di Kabupaten Bojonegoro 
Situs Kayangan Api

Candi di Kabupaten Gresik 
Candi Kepuh Klagen

Candi di Kabupaten Madiun 
Candi Wonorejo

Candi di Kabupaten Ngawi
Candi Pendem

#6 Daftar Candi di Provinsi Bali
Candi di Kabupaten Gianyar 
Candi Gunung Kawi
Situs Goa Gajah

Candi di Kabupaten Buleleng 
Candi Kalibukbuk

DAFTAR CANDI DI PULAU SUMATRA

#7 daftar Candi di Provinsi Sumatra Utara
Daftar candi di Kabupaten Padang Lawas Utara 
Kompleks Candi Bahal atau Biaro Bahal
Candi Bara
Candi Pulo
Candi Sitopayan
Candi Aek Haruaya
Situs Mangaledang
Situs Naga Saribu

Candi di Kabupaten Mandailing Natal 
Candi Simangambat

Candi di Kabupaten Padang Lawas 
Candi Sipamutung
Situs Aek Tunjang
Kompleks Candi Tandihat
Situs Aek Linta
Candi Sangkilon

#8 Daftar candi di Provinsi Sumatra Selatan
Candi di Kota Palembang 
Candi Angsoka

Candi di Kabupaten Musi Rawas 
Candi Lesung Batu

Candi di Kabupaten Muara Enim 
Kompleks Candi Bumi Ayu

Candi di Kota Pagar Alam 
Situs Rimba Candi atau Gapura Sriwijaya

candi di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan 
Candi Jepara atau Batu Kebayan (batu pengantin)

#9 Daftar Candi di provinsi Sumatra Barat
Candi di Kabupaten Dharmasraya 
Kompleks Candi Padang Roco
Candi Pulau Sawah : Candi Pulau Sawah I Candi Pulau Sawah II
Candi Bukik Awang Maombiak

Candi di Kabupaten Pasaman
Candi Tanjung
Candi Koto Rao

#10 Daftar Candi di provinsi  Jambi
Candi di Kabupaten Muaro Jambi
Candi Muaro Jambi

Candi di Tanjung jabo timur
Kompleks Candi Situs Orang Kayu Hitam
Candi Satu

#11 Daftar Candi di Provinsi Riau
Candi Muara takus
Candi Muara Guru

#12 Daftar Candi Bangka Belitung
Candi Kota kapur

DAFTAR CANDI DI PULAU KALIMANTAN

#13 Daftar Candi di Provinsi Kalimantan Seatan
Candi di Kabupaten Hulu Sungai Utara
Candi Agung
Candi Hindu

Candi di Kabupaten Tapin 
Candi Laras
Candi Laras Selatan
Candi Buddha
Situs Pematang Bata
Candi Laras Selatan

Candi di Kabupaten Kotabaru 
Lasung Batu atau Yoni

#14 Daftar Candi di Provinsi kalimantan Barat
Candi Tanjungpura
Arca Buddha Sambas

#15 Daftar candi di Provinsi Kalimantan Timur
Candi di Kabupaten Kutai Kartanegara 
Lesong Batu
Arca Buddha Kota Bangun

Candi di Kabupaten Kutai Timur 
Situs Goa Gunung Kombeng

Itulah Daftar lengkap nama Candi di Indonesia Terbaru. Dengan tahunya kita mengenai banyaknya jumlah peninggalan sejarah berupa candi di Indonesia, sudah sepatutnya kita menjaga dan melestarikanya, supaya anak cucu kita nanti masih melihat akan keindahan candi-candi yang msih berdiri kokoh. Sukses!!

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA : Menentukan Titik Beku dan Penurunan Titik Beku

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA : Menentukan Titik Beku dan Penurunan Titik Beku:

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA
LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA : Menentukan Titik Beku dan Penurunan Titik Beku


Judul               : Menentukan Titik Beku dan Penurunan Titik Beku
Hari, Tanggal    : Jumat, 18 November 2016
Kelas               : XII IPA 3
Kelompok        : 1 (Satu)
Anggota          : 1. Alfia Amalia Hermanto
  2. Bagas Aji Harvian
  3. Dadva Pramesty E P
  4. Della Arisa Silviani




I.                   TUJUAN PRAKTIKUM
Untuk mengetahui pengaruh penambahan es batu dan garam terhadap proses pembekuan suatu larutan dan untuk mempelajari penurunan titik beku dengan beberapa larutan.

II.                DASAR TEORI
Titik beku adalah suhu pada pelarut tertentu di mana terjadi perubahan wujud zat cair ke padat. Pada tekanan 1 atm, air membeku pada suhu 0 °C karena pada suhu itu tekanan uap air sama dengan tekanan uap es. Selisih antara titik beku pelarut dengan titik beku larutan disebut penurunan titik beku (Ξ” Tf = freezing point depression). 

Penurunan titik beku adalah selisih antara titik beku pelarut dan titik beku larutan dimana titik beku larutan lebih rendah dari titik beku pelarutTitik beku pelarut murni seperti yang kita tahu adalah 00C dengan adanya zat terlarut misalnya saja gula yang ditambahkan ke dalam air maka titik beku larutan ini tidak akan sama dengan 0oC melainkan akan menjadi lebih rendah di bawah 0oC itulah penyebab terjadinya penurunan titik beku yaitu oleh masuknya suatu zat terlarut atau dengan kata lain cairan tersebut menjadi tidak murni, maka akibatnya titik bekunya berubah.

Seperti yang kita tahu bahwa titik beku pelarut murni berada pada suhu 0oC, tapi dengan adanya zat terlarut misalnya saja kita tambahkan gula ke dalam air tersebut maka titik beku larutan ini tidak akan sama dengan 0oC lagi, melainkan akan turun menjadi dibawah 0oC, dan inilah yang dimaksud sebagai “penurunan titik beku”.


III.             ALAT  DAN BAHAN
§  5 buah tabung reaksi
§  1 buah gelas kimia
§  1 buah pengaduk
§  1 buah termometer
§  Pipet tetes
§  Larutan NaCl 1 mol dan 2 mol
§  Larutan gula 1 mol dan 2 mol
§  Air suling
§  Es batu
§  Garam grasak

IV.             CARA KERJA
1.     Hancurkan es batu menjadi pecahan-pecahan kecil , kemudian masukkan es batu ke dalam gelas kimia sampai sedikit penuh dan tambahkan dengan gram grasak secukupnya, fungsi keduanya sebagai pendingin.
2.   Isilah tabung reaksi dengan air suling kurang lebih 2-3 cm, kemudian masukkan tabung tersebut ke dalam gelas kimia yang sudah ada campuran es batu dan garam grasak.
3.      Masukkan termometer dan gerakan naik turun sampai air dalam tabung membeku
4.   Keluarkan tabung reaksi dari campuran pendingin dan biarkan es dalam tabung mencair sebagian, kemudian amatilah pada termometer dan catat berapa suhu pada campuran es dan garam pada tabung
5.     Ulangi langkah 2-4 dengan mengganti air sulimg dengan larutan NaCl 1 mol, 2 mol dan larutan gula 1 mol, 2 mol.

V.                HASIL PENGAMATAN
Titik beku air = 0oC
No
Larutan
Titik Beku
Penurunan Titik Beku
1.
Gula  1 mol
-2oC
2oC
2.
Gula  2 mol
-4oC
4oC
3.
NaCl  1 mol
-4oC
4oC
4.
NaCl 2 mol
-8oC
8oC


VI.             ANALISA DATA
Pada percobaan kali ini yang dimaksud dengan zat pelarut itu adalah air suling, sedangkan Gula dan NaCl pada percobaan tersebut sebagai zat terlarut. Pada penggunaan alat dan bahan diutamakan untuk berhati-hati. Ketika termometer dimasukkan ke dalam tabung reaksi, usahakan agar termometer tidak menyetuh dinding tabung karena akan membuat termometer jadi tidak stabil sehingga mempengaruhi temperatur penurunan titik beku larutan yang di uji. Dan sebelum penghitungan suhu, termometer harus dalam temperatur yang stabil.

Es, garam, gula dan NaCl merupakan bahan yang digunakan pada percobaan mengenai penurunan titik beku, melalui penentuan molalitas. Garam dapur yang digunakkan tersebut sebagai campuran es yang dimaksudkan untuk menghambat proses pencairan es, sehingga dapat membantu kita dalam melakukan penganalisisan terhadap titik beku laruatan yang di uji tersebut.

Ternyata, bila ke dalam air ditambah dengan garam, maka akan terjadi penurunan titik beku larutan garam tersebut, sehingga larutan garam akan membeku pada suhu di bawah 0oC. Penjelasan untuk hal ini didapat bahwa titik beku suatu larutan adalah suhu saat tekanan uapnya sama dengan tekanan uap pelarutnya. Karena tekanan uap larutan lebih rendah daripada pelarutnya, larutan belum membeku pada suhu 0oC. Oleh karena itu, suhu harus diturunkan agar larutan dapat membeku. Saat pelarut akan membeku, penurunan tekanan uap pada pelarut lebih cepat daripada zat cair. Akibatnya, pada suhu di bawah titik beku pelarut terjadi keseimbangan tekanan uap larutan dengan tekanaan uap pelarut. Saat itu, pelarut akan membeku sedangkan zat terlarutnya masih dalam fase cair, sehingga larutan menjadi makin pekat sehingga titik bekunya makin rendah.

Dalam penggunaan garam dapur, massa garam yang digunakan jangan terlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit, sebab akan mempengaruhi proses penurunann titik beku dan hasil yang didapat kemungkinan kurang akurat. Namun apabila garam yag digunakaan terlalu sedikit, penurunan titik beku tidak mencapai suhu yang akurat, dan pada larutan gula yang di uji , pembentukkan kristal yang terjaadi tidak sempurna. Oleh karena itu para pratikum di tuntut ketelitian dan keterampulannya dalalam melakukan percobaan tersebut. 

Perubahan titik beku pada larutan dipengaruhi oleh faktor yang mempengaruhi perubahan suhu baik dari sisitem ataupun dari lingkuangan. Dari data hasil pengamatan yang telah didapat, masing-masing ada tiga larutan yang di uji memiliki titik beku konstant yang berbeda-beda.
Dalam penurunan titik beku berlaku ketentuan sebagai berikut :
a.       Suatu pelarut jika ditambahkan zat terlarut, maka titik bekunya akan turun.
b.      Titik beku larutan elektrolit lebih rendah dibanding larutan non-elektrolit
c.       ∆Tf  ( penurunan titik beku) = titik beku pelarut murni – titik beku larutan).
Dengan demikian, jelaslah larutan akan membeku pada suhu  yang lebih rendah dibanding dengan titik beku air. Selisih antara titik beku pelarut murni dengan titik beku larutan disebut penurunan titik beku larutan yang dilambangkan dengan Ξ”Tf.
Ξ”Tf = TΒΊf – Tf
Keterangan: 
Ξ”Tf = penurunan titik beku
TΒΊf = titik beku larutan
Tf = titik beku pelarut

VII.          KESIMPULAN
Dari percobaan di atas dapat di simpulkan bahwa, titik beku larutan memiliki titik beku yang lebih rendah dibandingkan dengan titik beku air larena di dalam larutan gula dan NaCl mengandung zat terlarut berupa molekul-molekul gula dan molekul-molekul NaCl yang menyebabkan terghalangnya molekul-molekul air untuk membeku sehingga dibutuhkan suhu yang lebih rendah untuk membekukan larutan gula dan NaCl tersebut. Dan garam dapur disini berfungsi sebagai stabilisator suhu es dikarenakan garam dapur dapat menghambat proses pencairan es.



VIII.       DAFTAR PUSTAKA

MGMP KIMIA Kab. Klaten
http://ndhaarlinda.blogspot.co.id . Diakses pada 20 November 2016
http//penurunan-titik-beku-kimia.co.id . Diakses pada tanggal 20 Nvember 2016
http://notechaca.wixsite.com/firarizqyagfa/single-post/2016/10/15/LAPORAN-PRAKTIKUM-KIMIA-PENENTUAN-TITIK-BEKU  Diakses pada tanggal 23 November 2016
http://www-supadi.blogspot.co.id/2012/06/pengaruh-penambahan-garam-pada-es.html Diakses pada tanggal 23 November 2016
http://blogkaryasiswa.blogspot.co.id/2015/09/laporan-praktikum-titik-didih-dan-titik.html Diakes pada tanggal 23 november 2016




IX.             PRAKTIKAN
Nama anggota “kelompok 1(satu)”:

1.      Alfia Amalia Hermanto


2.      Bagas Aji Harvian


3.      Dadva Pramesty E P


4.      Della Arisa Silviani





Guru pembimbing,


Budi Setyo Utomo, S.Pd