Daerah Penghasil Marmer Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Marmer Terbesar di Indonesia
Sebutkan Daerah Penghasil Marmer di Indonesia - Marmer adalah batuan kristalin yang kasar, marmer berasal dari jenis batu-batuan kapur (dolomit) atau disebut juga batu gamping. Marmer merupakan salah satu jenis batuan metamorf. Marmer terbentuk karena diakibatkan oleh proses metamorfosis pada batu kapur atau batu gamping. Marmer pada umumnya berwarna putih dan tersusun oleh mineral kalsit.

Marmer sering kita temui dalam kehidupan kita sehari-hari, biasanya marmer ditambang untuk digunakan sebagai hiasan rumah, sebagai bahan untuk lantai, dinding, atau sebagai bahan meja & kursi. Selain itu, marmer juga sering dapat kita temui dalam bentuk piala, vendel, patung prasasti. Karena marmer memiliki keindahan corak atau warna yang bisa dijadikan bahas penghias atau karya seni yang bernilai tinggi. Selain itu, karena marmer memiliki kualitas tahan lama yang cukup bagus dan mudah untuk dipahat.

Biasanya batu marmer terdapat di gua-gua atau daerah pegunungan. Beberapa daerah di Indonesia dikenal sebagai daerah penghasil marmer. Salah satu daerah penghasil marmer terbesar di indonesia adalah Jawa Timur, tepatnya berada di Kabupaten Tulungagung. Selain Tulungagung masih ada beberapa daerah yang dikenal sebagai penghasil marmer, dimanakah itu?


DAERAH-DAERAH PENGHASIL MARMER DI INDONESIA

  1. Provinsi Aceh (Nangroe Aceh Darussalam).
  2. Provinsi Lampung.
  3. Provinsi Sumatra Barat.
  4. Provinsi Bangka Belitung
  5. Provinsi Jawa Barat.
  6. Provinsi Jawa Tengah.
  7. Provinsi Jawa Timur.
  8. Provinsi Sulawesi Selatan.
  9. Provinsi Papua.

Dari 9 Daerah penghasil marmer terbaik itu salah satunya berada di sulawesi selatan, kandungan marmer yang sangat baik. Cara pengelolaan marmer di daerah-derah tersebut juga berbeda, ada yang dibuat kerajinan, bahan banguan atau juga yang dijual dalam bentuk batuan.

Dari daerah-daerah penghasil marmer, daerah Kabupaten Tulungagung memiliki produksi yang lebih menonjol. Hasil produksi marmer Tulungagung sudah dipasarkan hingga ke luar negeri. Kita patut berbangga karena indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel